Minggu, 08 April 2012

Trik Mempercepat Kinerja Komputer Yang Sering Lamban

Posted by Robert Septrio Putra on 22.36





Komputer merupakan salah suatu benda yang bisa melakukan berbagai jenis aktifitas dan dapat mempermudah pekerjaan. Kini komputer PC merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat di era modern seperti sekarang ini. Jika komputer PC atau laptop yang kamu punya terasa begitu berat dan lemot, sekarang saya akan memberi sedikit info Tips dan Trik tentang Cara Mempercepat Kinerja Komputer :


Tips Trik Mempercepat Kinerja Komputer :


1. Perhatikan Visual Grafis


Efek efek visual grafis komputer seringkali memberatkan kinerja komputer PC. Oleh karena itu Sobat harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :


Klik kanan icon My Computer -> Klik Properties -> Klik Advanced System Settings -> (Performance -> Setting) -> Visual Effects.
Terdapat pilihan antara mementingkan kualitas gambar atau performa komputer PC, atau bisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.


2. Hindari Program-program yang Tidak Berguna


Seringkali kamu hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer saja. Padahal semakin banyak program yang ada di komputer, maka hardisk akan menjadi lebih penuh. Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer akan berjalan lebih lambat pula. Oleh karena itu saya menyarankan agar :


- Uninstall program-program yang tidak berguna


Caranya : Control Panel -> Add or Remove Programs
Nah disitu akan kelihatan program-program yang sering dipakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang dipakai, dihapus saja dari komputer PC.


- Lakukan Disk Cleanup


Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk. Caranya :


My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup
- Defragment Hardisk Berkala


- Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika melakukan defragment hardisk, akan menambah free space penyimpananan hardisk. Caranya : 


My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now
3. Melakukan Tweaking dengan Software


Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry dari kesalahan-kesalahan / Error. Kamu dapat mencari sofware - software tersebut di google maupun Indowebster.com


4. Optimalkan Virtual Memori


Caranya : My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change)
Nah ada bagian custom size, isi sesuai dengan yang ada di Reccomended


5. Matikan beberapa fitur Start Up yang tidak berguna


Caranya : Start Menu -> RUN -> Ketikan MSCONFIG -> OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus -> Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates, setelah itu tekan Apply lalu OK


Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan kepada kalian yang memang membutuhkannya mudah-mudahan tips dan trik diatas dapat membantu untuk mempercepat kinerja dari komputer kalian, apa bila kamu mempunyai tips dan trik terbaru bisa juga menambahkan untuk postingan saya yang memang belum sempurna ini.

Semoga Bermanfaat. ^^ 

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • Blogroll

  • Consectetuer

  • Popular

  • Comments